SMKN 2 CILEGON DAN PT ROHM AND HAAS INDONESIA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini tengah gencar merealisasikan program Link and Match. Program Link and Match ini dibuat untuk mengnyinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal sekaligus menghemat pengeluaran untuk menjadi sumber daya manusia baru yang sesuai dengan kebutuhan industri. 

Kebijakan link and match dianggap sebagai penggalian kompetensi yang
dibutuhkan oleh pasar kerja pada masa yang akan datang yang diharapkan paradigm orientasi pendidikan tidak lagi supply minded tapi menjadi lebih demand minded (kebutuhan pasar).

SMK Negeri 2 Cilegon yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan di Banten, termasuk didalamnya 18 MOU yang disandingkan dalam Program  Link and Match Sekolah Menengah Kejuruan dan Dunia Industri

Dalam implementasinya tahun 2016 Kementerian Perindustrian berkomitmen membangun kompetensi sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini sekaligus untuk
mendorong pertumbuhan industri nasional yang berkelanjutan. Wujud komitmen ini ditunjukkan melalui penandatanganan bersama Nota Kesepahaman (MoU) lima menteri tentang Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri.

Salah satu Mitra Industri yang bersinergi dengan SMK Negeri 2 Cilegon adalah PT Rohm and Haas Indonesia. Kerjasama yang kita bangun dalam berbagai program pengembangan Sekolah adalah kegiatan bersama yang berorientasi pada pengembangan Pendidikan berkelanjutan.

Berbagai program Kemitraan antara SMKN 2 Cilegon dan PT Rohm and Haas Indonesia antara lain :

  1. Program Responsible Consumption at School ( RCAS )
  2. Program Education Suistanable Development ( ESD for School ) Tahun 2021 – 2024
  3. Program Uji Kompetensi Kejuruan
  4. Pelatihan guru produktif
  5. Praktik Kerja Lapangan ( PKL ).

Kerja sama antara SMKN 2 Cilegon dan PT Rohm and Haas Indonesia menjadi daya dukung untuk pencapaian Visi dan Misi Sekolah.

Harapannya adalah terjalin sinergisitas Sekolah dan Dunia Industri, sehingga kebutuhan sekolah dalam mencetak Lulusan yang lebih berkualitas dan kompeten di bidang Kimia Industri dan Analis dapat tercapai.

Leave a Comment